Nadia, Calon Atlet ‘SRIKANDI’ Panahan

lintaspolitik

Panahan, LINTASPOLITIK.COM - Cabang Olah Gara Panahan di tanah air sudah mulai menunjukkan bakal muncul Srikandi baru. Hal ini ditunjukkan dengan menculnya nama Nadia As Safa Noor Ilmi, arek Surabaya yang masih belia namun mampu mengukir prestasi diatas usianya.

Nadia As Safa Noor Ilmi yang masih duduk  di kelas 6 SD mampu mengukir prestasi di bidang olahraga panahan. Bahkan mengungguli anak usia diatasnya.

Hampir di setiap kejuaraan panahan yang diikutinya, Nadia As Safa Noor Ilmi yang popular dipanggil Nadia selalu meraih juara.

Terbaru, pada Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Timur ke 2 tahun 2024, di Lapangan Jatim Seger Surabaya yang digelar dari tanggal 24 hingga 28 April 2024, Nadia memborong medali emas.

Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Jawa Timur ke 2  diikuti sebanyak 915 peserta di semua kelas yang mengikuti kompetisi tingkat Jawa Timur ini. Mereka datang dari  tim klub maupun perwakilan Pemkab dan Pemkot se-Jatim.

Pada kejuaraan kali ini, Nadia meraih prestasi membanggakan dengan memborong 6 emas. Nadia tampil di Devisi Compound dan  meraup 6 medali emas. Lima medali Emas dari Katagori compound usia 12 tahun (U12) Putri dan 1 Emas dari katagori compound U15 Putri.  

Katagori compound usia 12 tahun (U12) Putrim Nadia Juara 1 (Emas) di Kualifikasi Sesi 1, Juara 1 (Emas) di kualifikasi sesi 2, Juara 1 (Emas) di Total sesi, Juara 1 (Emas) Aduan Individu, dan Juara 1 (Emas) Mix Team.

Saat turun di katagori compound U15 Putri, Nadia mampu mengungguli seniornya dan berhasil meraih emas di katagori beregu putri. Nadia yang masih duduk di kelas 6 SD, mampu mengungguli seniornya yang usia SMP.

Kondisi cuaca hujan di lapangan tidak memetahkan semangat Nadia.

“Dalam keadaan badan basah kuyup saya tetap harus nembak (manah), area lomba juga licin dan berlumpur, Itu jadi tantangan sangat berat bagi saya,” kata Nadia.

Siswi kelas 6 dari  SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya kelahiran Surabaya 16 Juni 2011 telah menunjukkan kemampuanya untuk menjadi Atlit ‘Srikandi’ Panahan nasional yang profesional.

Kedua orang tua Nadia As Safa Noor Ilmi sangat mendukung olah raga panahan yang digeluti putrinya. Keseriusan orang tua Nadia ditunjukkannya dengan menempatkan Nadia di Fast Archery Club Surabaya, salah satu club panahan yang ada di Kota Surabaya tempat Nadia bergabung dan berlatih panahan.