Tekankan Kelompok Petani, Dosen PKM FEB Unesa Beri Pelatihan Sosmed

lintaspolitik

Batu, Lintaspolitik.com - Tim Dosen S1 Pendidikan Bisnis FEB Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Sidomulyo, Kota Batu, Jawa Timur. Rabu lalu (30/8/2023).

Tim yang diketuai oleh Septyan Budy Cahya dan beranggotakan Raya Sulistyowati, Veni Rafida, dan Erta serta dibantu mahasiswa Pendidikan Bisnis yaitu Devin Putri Anggraini dan Anggara Caesarya Prayoga.

Mereka mengimplementasikan kegiatan dengan memberikan Pelatihan Sosial Media (Sosmed) Marketing Bagi Kelompok Petani Bunga Desa Sidomulyo, Kota Batu.

Ketua Tim PKM Pendidikan Bisnis FEB Unesa menyampaikan bahwa tujuan program ini untuk memberi manfaat berupa meningkatkan kemampuan petani bunga dalam berinovasi mengembangkan pemasaran melalui sosial media.

"Dukungan sarana dan prasarana Pemerintah Desa dapat dimaksimalkan untuk kegiatan pemasaran berbasis digital terutama sosial media," kata Septyan dalam keterangan resmi diterima redaksi, Selasa (5/9/2023).

Septyan mengungkapkan, bahwa pemanfaatan sosial media dalam pemasaran dapat meningkatkan penjualan petani bunga.

"Sasaran kegiatan ini diambil kelompok petani bunga di Desa Sidomulyo, Kota Batu. Sasaran dipilih karena pemasaran masih konvensional dan belum optimal," ujar Dosen S1 Pendidikan Bisnis FEB Unesa.

Menurut Septyan, ada beberapa hal penting yang tim kami sampaikan. Diantaranya adalah transformasi pemasaran digital marketing di era 5.0 untuk mengembangkan pemasaran.

"Promosi melalui WhatsApp bisnis dan strategi pemasaran melalui sosial media tik tok,"jelas Septyan.

Septyan berharap kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan petani bunga dalam mengembangkan penasaran melalui sosial media.

"Adanya pelatihan ini akan meningkatkan kualitas kemampuan petani bunga untuk berinovasi mengembangkan kegiatan pemasaran yang dilakukan. Serta kedepannya kerjasama ini dapat terus terjalin," pungkas Septyan. (red)