Tanaman Jahe Merah Organik Khasiatnya Lebih

lintaspolitik

BANYUWANGI, LINTASPOLITIK.com - Khasiat dan manfaat Jahe merah sudah menjadi rahasia umum bagi khalayak pecinta tumbuhan herbal, apalagi dalam melakukan penanaman secara organik.

Hal tersebut disampaikan, Ketua Konservasi Lingkungan Hidup DPD Wahana Lingkungan Alam Nusantara (Walantara) Kabupaten Banyuwangi, E. Prasetyo SH saat berada di lokasi area percontohan penanaman jahe merah organik di Lingkungan Sepanjang, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi mengatakan, hingga saat ini penanaman sejumlah tanaman herbal terus dikembangkan disejumlah wilayah yang ada di Banyuwangi.

Menurutnya, tanaman jahe merah dengan pupuk organik merupakan hal yang sangat tepat karena tanaman herbal ditanam secara organik akan lebih berkhasiat.

"Saat ini jahe merah yang tertanam di wilayah kecamatan glenmore ada sebanyak kurang lebih 2000 polybag atau karung dan ada yang ditanam ke media tanah langsung. Dalam tahun ini jahe merah organik yang rencana dalam proses tanam sekitar 10 ribu karung," terangnya.

Selain itu, mengenai harga jahe merah walaupun dipasaran terjun bebas hingga dikisaran 15 ribu sampai 20 ribu perkg-nya namun tanaman yang ditanam oleh pembudidaya jahe merah organik yang tergabung dalam lembaga konservasi masih mendapatkan tempat harga yang bagus. Rata - rata dikisaran harga 30 ribu menyesuaikan kualitasnya.

"Saat ini dilembaga konservasi ada 10 titik Sentra pembudidaya jahe merah organik yang kapasitasnya besar dan minimal tanam 5 ribu hingga 10 ribu polybag yang ada di wilayah sentra," ungkapnya.

Kedepan, secara bertahap produk herbal yang dikemas secara original dan instant sudah mulai diproduksi dipasarkan disejumlah kedai herbal dan kafe coffee yang berada di wilayah Jawa Timur hingga propinsi Bali. ty