Tingkatkan Hubungan Bilateral di Sektor Ekonomi Kreatif dan UMKM dengan Senegal, Duta Besar Dindin Wahyudin Temui Menteri Papa Amadou Ndiaye dan Walikota Thies

lintaspolitik

Thies-Senegal, LINTASPOLITIK.COM – Peningkatan hubungan bilateral Indonesia dengan negara akreditasi selalu dilakukan oleh Perwakilan RI di Luar Negeri. KBRI Dakar temui Menteri Art, Crafts dan Transformasi Sektor Informal Senegal (ACTSI), Papa Amadou Ndiaye untuk mendiskusikan kerja sama di bidang ekonomi kreatif, UMKM dan capacity building (30/01/2021).

Pihak Senegal menyampaikan usulan kerja sama berupa capacity building yang diharapkan Senegal adalah berupa pelatihan keterampilan teknis industri kecil dengan bantuan peralatan untuk memproses dan mengemas produk pertanian. “Sangat penting untuk memperkuat kerja sama bilateral Indonesia-Senegal di berbagai bidang, termasuk ekonomi kreatif dan UMKM," ujar Dubes RI untuk Senegal, Dindin Wahudin dalam menanggapi permohonan Senegal.

Dalam kunjungan ke Thies, Dubes Dindin juga berkesempatan bertemu dengan Walikota Thies, antara lain membahas kemungkinan menjalin kerja sama sister city antara Kota Thies dan Kota Bogor. Apabila dapat terwujud, hal ini merupakan suatu capaian bagi Indonesia dan Senegal mengingat saat ini belum ada kerja sama sister city yang riil di antara kedua negara.

Selain itu, di Thies terdapat perusahaan ojek bernama “Ndiaye Transport" yang mengadopsi konsep 'ojek online' Indonesia dengan mengandalkan safety serta memperkenalkan teknologi secara bertahap. Dalam kunjungan ini, Dubes Dindin juga bertemu dengan salah satu driver dan berfoto bersama. Rencananya apabila konsep tersebut berhasil di kota Thies akan dikembangkan lagi di sejumlah kota di Senegal.