LSI: Jelang Pilpres, Jokowi Masih Unggul 20% dari Prabowo

lintaspolitik.com

LINTASPOLITIK.com - Pemilihan Presiden 2019 mendekati garis finis. Hanya dalam hitungan hari, pencoblosan akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Hasil survei LSI Denny JA menunjukkan bahwa saat ini, pasangan 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih unggul telak, sekitar 20 persen, dibandingkan dengan pasangan Prabowo-Sandi. Saat ini elektabilitas 01 sebesar 56,8 persen - 63,2 persen. Sementara elektabilitas Pasangan 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 36,8 persen - 43,2 persen.

Tampilan angka elektabilitas masing-masing capres dibuat dalam bentuk rangeelektabilitas, karena LSI telah memperhitungkan angka elektabilitas masing-masing capres dengan margin of error survei dan asumsi golput yang terjadi secara proporsional. Kalkulasi ini dilakukan karena pilpres tinggal 16 hari lagi.

"Diperlukan proyeksi elektabilitas dengan mempertimbangkan angka margin of error survei dan asumsi golput," ujar peneliti LSI Ardian Sopa dalam konferensi pers Hasil Temuan dan Analisis Survei Nasional LSI di Jl Pemuda, Jakarta Timur, Selasa (2/4/2019).

Ardian menjelaskan, survei dilakukan pada tanggal 18 - 26 Maret 2019, dengan menggunakan 1.200 responden. Survei dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia dengan metode multistage random sampling.

Wawancara dilakukan secara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini adalah 2,8 persen. Selain survei, LSI Denny JA juga melakukan riset kualitataf dengan metode FGD, analisis media, dan indepth interview untuk memperkaya analisa survei. Survei ini dibiayai sendiri oleh LSI Denny JA. (fa/b1)