Charta Politika: Jokowi-Amin Unggul 18,2 Persen dari Prabowo-Sandi

lintaspolitik.com

LINTASPOLITIK.com Pasangan Calon (paslon) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin unggul 18,2 persen dari paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. ‎Dengan waktu sisa kurang dari satu bulan menjelang pencoblosan, Prabowo-Sandi harus bekerja sangat ekstra dan cepat agar bisa mengejar elektabilitas Jokowi-Amin.

"Survei terbaru kami menghasilkan elektabilitas Jokowi-Amin mencapai 53,6 persen dan Prabowo-Sandi 35,4 persen, dan yang belum menentukan pilihan 11 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya di Jakarta, Senin (25/3/2019).


Ia menjelaskan bila dibandingkan survei pada Januari lalu, elektabilitas kedua calon mengalami kenaikan. Namun sangat tidak signifikan. Pada survei sebelumnya, Jokowi-Amin meraih 53,2 persen. Sementara Prabowo-Sandi mencapai 34,1 persen.

Menurutnya, dari elektabilitas yang ada, ketika dilakukan ekstrapolasi menghasilkan Jokowi-Amin meraih 60,2 persen dan Prabowo-Sandi 39,8 persen. Metode ekstrapolasi adalah membagi atau membuang secara ‎normal yang tersebar di kedua paslon para undecided voters atau para pemilih yang belum menentukan pilihan. Dalam survei Charta Politika, jumlahnya mencapai 11 persen.


"Dilihat dari sisi wilayah, Jokowi-Amin unggul hampir di semua wilayah. Kecuali untuk wilayah Sumatera, Prabowo-Sandi unggul," tuturnya.

Survei Charta Politika dilakukan 1-9 Maret 2019 melalui tatap muka secara langsung. Jumlah sampel mencapai 2000 responden yang tersebar di 34 propinsi.

"Tingkat kepercayaan mencapai 95 persen dengan margin error (tingkat kesalahan) 2,19 persen," tutup Yunarto. 

sumber : beritasatu.com